Pages

Selasa, 23 Oktober 2012

stadion terbesar

Stadion Terbesar di Dunia

1. Estadio Azteca, Mexico City, Meksiko


Kapasitas: 105 ribu penonton
Pertama dibuka: 1966

Stadion ini sudah dua kali menjamu putaran final pertandingan Piala Dunia. Saat ini, stadion tersebut menjadi markas resmi tim nasional Meksiko dan Klub America.

2. Azadi Stadium, Teheran, Iran

Kapasitas: 100 ribu penonton
Pertama dibuka: 1971

Stadion tersebut merupakan tempat pertandingan sepak bola terbesar di Timur Tengah. Dua klub lokal: Esteghlal FC dan Persepolis, serta tim nasional bermarkas di sini.

3. Camp Nou, Barcelona, Spanyol


Kapasitas: 99 ribu penonton
Pertama dibuka: 1957

Wajar jika ada klub yang tandang ke Camp Nou merasa terintimidasi, mengingat besarnya kapasitas pendukung Barcelona yang bakal hadir. Maklum, ini merupakan stadion milik klub terbesar sedunia.

4. Maracana, Rio de Janeiro, Brasil


Kapasitas: 95 ribu penonton
Pertama dibuka: 1950

Stadion dengan nama resmi Estádio Jornalista Mário Filho ini pernah menampung penonton lebih dari kapasitas, yaitu 210 ribu penonton saat pertandingan Brasil lawan Uruguay pada Piala Dunia 1950. Stadion ini milik Pemda Rio de Janeiro.


5. Wembley, London, Inggris


Kapasitas: 90 ribu penonton
Pertama dibuka: 2007

Stadion milik Federasi Sepak Bola Inggris ini berdiri di atas lahan Empire Stadium yang dibangun pada 1923. Setelah dirobohkan pada 2003, stadion yang terkenal dengan menara kembarnya itu, berubah menjadi Wembley.

6. Westfalenstadion, Dortmund, Jerman

Kapasitas: 80.500 penonton
Pertama dibuka: 1974

Di Jerman, stadion milik klub domestik Borussia Dortmund ini merupakan yang berbesar. Stadion yang kerap disebut sebagai "Kuil Dinding Kuning" tersebut pernah digunakan dalam pertandingan Piala Dunia maupun Piala Eropa.

7. Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol


Kapasitas: 80.400 penonton
Pertama dibuka: 1947

Stadion ini milik Real Madrid, musuh abadi Barcelona. Semua tempat duduk di stadion itu terlapisi penutup. Menurut rencana, manajemen Madrid ingin menambah penutup di atas stadion yang bisa buka-tutup.

8. Estadio Monumental, Lima, Peru


Kapasitas: 80 ribu penonton
Pertama dibuka: 2000

Stadion milik klub lokal Universitario de Deportes ini menggantikan stadion lama Stadion Teodoro Lolo Fernandez, seperti halnya Wembley menggantikan Empire di Inggris. Hajatan internasional untuk tim nasional Peru diselenggarakan di sini.

9. Giuseppe Meazza/San Siro, Milan, Italia

Kapasitas: 80 ribu penonton
Pertama dibuka: 1926

Stadion milik Pemerintah Kota Milan ini merupakan markas dua klub papan atas Italia, Inter Milan dan AC Milan. Bagian timur stadion yang pernah menampung 125.000 penonton tersebut akan dikembangkan guna menambah kapasitas.

10. The Borg El Arab, Kairo, Mesir


Kapasitas: 80 ribu penonton
Pertama dibuka: 2007

Ini merupakan stadion khusus sepak bola terbesar di kawasan Afrika. Markas tim nasional Mesir tersebut - juga digunakan untuk final liga domestik - dibangun terkait dengan tawaran Mesir sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.





http://id.olahraga.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar